9 Suggestions Mendampingi Anak Belajar On-line Di Rumah Selama Pandemi

Saat sarapan, jangan lupa beri pengertian mengenai situasi terkini dan mengapa ia harus tetap belajar di rumah. Dengan begitu, si kecil akan lebih paham tentang tanggung jawabnya untuk tetap belajar meski di rumah. “Misalnya bikin video olah raga tenis meja, anak-anak kan pasti butuh bantuan orang tua. Tidak mungkin juga kan mereka bikin videonya sendiri,” ungkap Dody. Pengalihan ini akan membuat anak bisa melepaskan diri dari apa yang tidak disukainya.

Ini akan membuat semua orang memiliki kontribusi atas pekerjaan-pekerjaan rumah tangga yang harus dikerjakan bersama-sama. Dengan cara ini, tidak ada yang merasa lebih capek, sehingga emosi dan psikis juga terjaga. Semua ide permainan anak di atas terdengar seru dan mengasyikkan, bukan? Jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu agar bisa menemani anak bermain, karena kehadiran orang tua akan sangat berarti baginya. Selamat bermain dan menghabiskan waktu bersama anak selama di rumah saja. Demi menjaga anak tetap aman, Sebagai orang tua dituntut untuk mengembangkan ide-ide cemerlang untuk membantu ataustay at homeanak tidak bosan dan menyenangkan.

Jauhkan ponsel dari pandangan mata seperti dengan memberikannya kepada orangtua, sehingga konsentrasi belajar tetap terjaga. Anak dengan usia lebih dewasa mampu menghabiskan waktu lebih lama untuk online, dibandingkan yang usianya lebih muda. Ujian dapat dilakukan dalam bentuk portfolio nilai rapor dan prestasi, penugasan, tes on-line, maupun penilaian jarak jauh.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Pertama, hentikan apa yang sedang Anda lakukan dan benar-benar fokus pada anak Anda selama lima menit. Jika Anda menggunakan waktu ini untuk terhubung, cukup ngobrol dan meringkuk, anak Anda mungkin akan mendapatkan bahan bakar yang dia butuhkan dan dalam perjalanan cukup cepat. Waktu yang tidak terstruktur juga menantang anak-anak untuk mengeksplorasi gairah hidup mereka sendiri. Anda bisa mengalihkan anggaran transportasi yang tak terpakai pada masa pandemi virus corona ini untuk membayar premi asuransi. Karena mungkin kita masih akan di rumah saja beberapa waktu ke depan, tak ada salahnya menyusun jadwal aktivitas setiap hari.

Setiap kali anak berhasil menuntaskan tugasnya, berikan pujian serta masukan yang membangun. Anda juga bisa menempelkan stiker-stiker lucu pada checklist yang sudah dibuat. Jangan lupa pula untuk memberikan reward pada diri sendiri, sebagai hadiah atas keberhasilan mendampingi Si Kecil belajar.

Kurangi ekspektasi, misalnya rumah harus bersih tiap hari, makanan harus ideal tiap saat berbeda, dll. Ini juga bisa terjadi bila anak terus menerus melakukan kegiatan monoton dan tidak diberikan kegiatan lain untuk mengalihkan. Orang tua boleh melarang kegiatan tertentu yang mungkin merugikan seperti bermain gawai. Orangtua bisa mengajak anaknya untuk menonton tayangan bersama, seperti Nickelodeon. Selain TV, tentunya orangtua bisa mencari channel youtube yang berisi konten-konten positif yang ramah anak dan melatih tumbuh kembang anak. Mengembangkan kreativitas anak secara motorik juga bisa dilakukan di rumah.

Sangat mudah anak untuk terus belajar lebih lama dari yang diperlukan karena selalu ada banyak hal yang harus dilakukan, misalnya pekerjaan rumah . Yang perlu Bunda lakukan agar Bunda dan anak tidak jenuh dan stres adalah atur waktu. Jangan jadi stres dan membuat anak merasa tidak nyaman karena hari-hari diisi oleh omelan dan makian.