Gencar Tumbuhkan Mahasiswa Unisma Jiwa Wirausaha

Kini, dalam sebulan, Sam bisa mendapatkan omzet hingga Rp 50 juta. Bermodal uang tabungan, Muhammad Khairul Apriatama alias Tama memulai bisnis trend di akhir tahun 2015. Ia mendirikan usaha baju batik bernama Arka Batik Jogja dan style wanita bernama MIB Fashion. Faktanya, memang bukan hal yang mudah untuk menjalani perkuliahan sembari berbisnis.

Jakarta – Pengusaha nasional Sandiaga Uno berpesan agar mahasiswa dan generasi muda bisa menjadi pengusaha sejak dini, mengingat Indonesia saat ini masih kekurangan pelaku usaha. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan mempertanyakan tentang solusi membangun sebuah usaha. Dan kami berharap agar melalui kegiatan ini kita bisa mendapat pengetahuan yang baru untuk memiliki jiwa pengusaha,” ungkap Zakir.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Apalagi, pembangunan NTB ke depan akan berorientasi pada proses untuk menjadikan NTB ini sebagai pusat Science and Technology Nasional.Peran mahasiswa untuk berkontribusi mewujudkan impian besar itu menjadi mutlak. “Dalam mewujudkan ide dan gagasan tersebut harus diingat adalah lakukan analisa terlebih dahulu. Harus menggunakan pemikiran yang sebenarnya agar analisa tersebut terjamin.

Misalnya saja sepertu jurusan sistem informasi, teknik informatika, dan lain sebagainya. Yang dipelajari pun banyak, mulai dari aplikasi, perangkat, sistem , sampai dengan desain grafis. Setelah lulus dari jurusan teknologi informasi, mahasiswa dapat langsung membuka layanan jasa edit atau grafis yang kini banyak sekali dibutuhkan.

Saat dihubungi, gadis yang akan menginjak 20 tahun itu menceritakan pengalamannya hingga ia dipercaya menjadi salah satu Brand Ambassador. Sebelum terjun ke dinua mannequin, Ayu sempat mencicipi hasil keringat dari bekerja sebagai make up artist. Setelah wajahnya cantiknya terpampang, maka mulailah Ayu mendapat tawaran untuk mannequin peragaan busana. “Akhirnya jadi model pagelaran dan berproses kembali hingga akhirnya menjadi mannequin kebaya dan dapetin kontrak itu,” tuturnya. “Prahara gerakan pengambilalihan kepemimpinan PD (GPK-PD) yang dilakukan KSP Moeldoko dan gerombolannya, berhasil diatasi dengan clear victory baik secara politik dan hukum, sekaligus mendulang keuntungan elektoral,” katanya.

Pemutusan hubungan kerja akibat pandemi COVID-19 dan lulusan perguruan tinggi yang bercita-cita menjadi karyawan atau Pegawai Negeri Sipil menyebabkan meningkatnya angka pengangguran. “Mudah-mudahan dengan keterbatasan adanya pandemi ini tidak mengurangi semangat mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda. Saya harap bisa diambil manfaatnya sehingga memiliki kreatifitas untuk menciptakan pasar dan peluang bisnis kedepan,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unas, Dr. Drs.