Anak Susah Makan Jangan Dibiarkan! Ini 10 Cara Mengatasi Yang Tepat

Menu yang bervariasi diperlukan agar si kecil tidak mudah bosan dengan makanan yang Ibu berikan. Selain menu yang berbeda-beda, sajikan menu si kecil dengan tampilan yang menarik sehingga mampu menggugah selera makan. Hindari memaksakan si kecil untuk belajar memakan menu yang ia tidak sukai agar kebiasaan mengemutnya dapat segera dihilangkan terlebih dahulu ya, Bu.

Kamu juga bisa menyiram sedikit minyak zaitun dan menaburkan keju sebelum memanggang sayuran. Anak-anak lebih lebih tertarik dengan makanan jika mereka ikut membantu persiapannya. Membawa anak-anak ke pasar atau warung dan membiarkan mereka memilih satu atau dua hal untuk dimasak untuk makan malam dapat membuat mereka jauh lebih bersemangat untuk memakannya nanti. Lebih baik lagi, mulai berkebun dan ajari mereka cara menanam dan memanen sendiri.

Memanaskan dan mengonsumsi sisa makanan dapat menyebabkan keracunan makanan dengan gejala berupa muntah, diare , dan kram perut. Berikan tusuk gigi warna-warni pada anak-anakyang dapat mereka gunakan untuk membuat bentuk bangunan dari potongan sayur dan buah-buahan. Isi botol isi ulang yang dapat dipencet dengan yogurt rendah lemak atau saus salad dan biarkan mereka menghias makanannya sendiri. Berikan botol garam yang diisi dengan sprinkle, dan biarkan mereka menambahkan warna-warni pada makanan mereka. Bila anda menghidangkan cemilan yang sama berulang kali, anak-anak bisa bosan dan minta agar diberi kupadan yang tidak sehat, seperti kue kering dan kripik. Cemilan dapat menjadi penambah kekurangan nutrisi dan menjadi pengganti makanan dan nutrisi yang tidak mereka dapatkan pada saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Mengkonsumsi semangkok buah ini setiap hari bisa membantu mencegah kanker, menyehatkan jantung, mengobati diabetes dan meningkatkan memori otak yang menurun karena pertambahan usia. Sebuah riset menunjukkan, blueberry kaya serat, Vitamin A dan C. 100 Gram biji Wijen mengandung 10 miligram zat besi dan dikenal sebagai sumber zat besi nabati paling baik. Selain itu biji Wijen juga mengandung Asam Lemak dalam kadar tinggi, Protein, Magnesium, Kalsium dan Vitamin B. Agar si Kecil lebih tergoda untuk makan, Bunda ajak ia mengolah makanan mulai dari berbelanja di tukang sayur/pasar, memasak, sampai menghidangkan di meja.

Cara agar anak mau makan banyak

Agar anak mau makan, bisa mengkombinasikan kedua jenis makanan ini. Sebagiananak memang cenderung pilih-pilih makanan dan suka menolak untuk mengonsumsi makanan tertentu. Tak jarang banyak ibu mulai mencari cara membuat anak mau makan. Variasi dari jenis buah dan sayur yang diberikan kepada anak juga harus diatur.

Misalnya, Anda dapat memodifikasi buah-buahan denga membuat sup buah, membuat sayuran menjadi puding, dan sebagainya. Cemilan harus memiliki nilai nutrisi sebagai tambahan bagi asupan nutrisi harian anak. Biasanya, anak-anak mendapatkan maksimal 25 persen kalori hariannya dari cemilan.Jadi, sangat penting untuk diingat bahwa makanan yang mereka makan harus bermanfaat dan bergizi. Agar lebih menarik, ajak balita menonton acara memasak yang melibatkan anak seperti Masterchef Junior lalu libatkan dia dalam menyiapkan makanan. Berikan dia pekerjaan yang mudah seperti mengocok telur dan tetap jauhkan dari pisau, air mendidih, dan kompor. Beri juga pujian pada makanannya agar balita semangat untuk diminta menyiapkan makanan lagi.

Asal Ibu kreatif, keju sangat mudah lho diolah menjadi berbagai bentuk makanan. Ternyata selain rasanya enak, ternyata keju memiliki kandungan vitamin D, vitamin B12, protein, dan kalsium. Kalsium pada keju baik untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil lho bu.